Sudahkah Kita Bersyukur Hari

Banyak nikmat dari Allah SWT yang di berikan kepada kita tapi kita pernahkah bersyukur dari tiap detik nikmat yang diberikan-Nya. Mungkin karena banyaknya nikmat yang di berikan oleh Allah SWT sehingga membuat kita terlena dan lupa bersyukur. Mari kita renungi setiap udara yang kita hirup adalah nikmat Allah SWT yang luar biasa, andai saja nikmat itu di ambil atau dihentikan olehNya selama 5 menit apa yang akan terjadi di dunia ini. Dengan di hentikannya udara selama 5 menit bumi ini tidak aka nada lagi mahluk hidupnya.

Sesungguhnya kita adalah mahluk lemah karena kita memerlukan Allah dalam gerakan kehidupan kita. Dari udara untuk bernafas hingga makanan yang kita makan, dari kemampuan untuk menggunakan tangan kita hingga kemampuan berbicara, dari perasaan aman hingga perasaan bahagia, kita benar-benar sangat memerlukan apa yang telah diciptakan oleh Allah dan apa yang dikaruniakan kepada kita. Nikmat Allah SWT berikan kepada kita sangatlah besar sehingga tidak seorang pun yang dapat mengitunngnya. Dalam Al-Quran Allah SWT berfirman: “Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.s. an-Nahl: 18).

Allah SWT akan menambah nikmat-Nya kalau kita bersyukur dengan nikmat yang diberikan sebelumnya. Misalnya, Allah SWT akan memberikan kesehatan dan kekutan yang lebih banyak ketika kita bersyukur atas kesehatan dan kekutan yang diberikan oleh Allah SWT sebelumnya. Hal ini karena kita ikhlas yang merasa puas dengan apa yang diberikan Allah dan mereka ridho dengan karunia tersebut, dan mereka menjadikan Allah SWT sebagai pelindung mereka.  Hal ini merupakan rahasia yang dinyatakn dalam Al-Quran. Allah SWT berfirman. “Dan ketika Tuhanmu memaklumkan: ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’.” (Q.s. Ibrahim: 7). Mensyukuri nikmat  menunjukkan tanda kedekatan dan kecintaan kita kepada Allah SWT. Orang-orang yang bersyukur memiliki kesadaran dan kemampuan untuk melihat keindahan dan kenikmatan yang dikaruniakan Allah SWT. Rasulullah saw. juga menyebutkan masalah ini, Rasulullah saw. bersabda: “Jika Allah memberikan harta kepadamu, maka akan tampak kegembiraan pada dirimu dengan nikmat dan karunia Allah itu”



Leave a Reply

2 × 4 =