Yang Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Di antara shalat rawatib yang utama adalah shalat dua rakaat qabla subuh. Shalat ini sering dinamakan  shalat sunnah fajar. Nama lainnya adalah shalat qabliyah shubuh. Shalat ini dinamakan shalat sunnah fajar karena  dilaksanakan tepat setelah terbit fajar, sebelum pelaksanaan shalat subuh.

Tentang keutamaan shalat fajar ini, Rasulullah saw. bersabda, “Dua rakaat fajar adalah lebih baik dari dunia seisinya.” (HR Muslim an-Nasai dan at-Tirmidzi).

Dalam hadis lain Aisyah ra. menuturkan, “Tidak ada shalat sunnah yang lebih diperhatikan oleh Nabi saw. daripada dua rakaat fajar.” (HR al-Bukhari).

Dalam redaksi lain dinyatakan oleh Aisyah ra., “Nabi saw. tidak melakukan satu shalat sunnah pun yang lebih beliau jaga melebihi dua rakaat shalat sunnah subuh.” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Begitu istimewanya shalat fajar ini, Aisyah ra. juga menceritakan, “Nabi saw.  tidak pernah meninggalkan empat rakaat sebelum zuhur dan dua rakaat sebelum subuh.” (HR al-Bukhari dan an-Nasa’i).

Bakan, kata Imam Ibnul Qayyim , “Ketika safar (perjalanan), Nabi saw.  tetap rutin dan teratur mengerjakan shalat sunnah fajar dan shalat witir melebihi shalat-shalat sunnah  lainnya. Tidak dinukil dari Nabi saw.  bahwa beliau melaksanakan shalat sunnah rawatib selain dua shalat tersebut selama beliau melakukan safar.” (Zâd al-Ma’ad, I/315).

Alhasil, dengan begitu besar keutamaannya, tidak selayaknya seorang hamba melewatkan kesempatan untuk dapat meraih keutamaan shalat fajar ini.



Leave a Reply

five × four =