Empat Keutamaan

Rasulullah saw. bersabda, “Siapa saja yang menghilangkan kesusahan di antara kesusahan-kesusahan duniawi orang Mukmin, Allah akan menghilangkan kesusahan di antara kesusahan-kesusahannya pada Hari Kiamat. Siapa saja yang memberikan kemudahan orang yang sedang mengalami kesulitan, Allah akan memberikan kemudahan bagi dia di dunia dan akhirat.

Allah senantiasa menolong hamba selagi dia menolong saudaranya. Siapa saja yang menempuh perjalanan dalam rangka menuntut ilmu, Allah akan memudahkan bagi dia jalan menuju surga. Tidaklah berkumpul sekelompok orang di salah satu rumah Allah untuk membaca dan saling mempelajari Kitabullah  di antara mereka, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, rahmat meliputi mereka, para malaikat mengelilingi mereka dan Allah menyanjung nama mereka bersama malaikat yang ada di sisi-Nya. Siapa yang lambat amalnya, hal itu tidak akan bisa dikejar oleh nasabnya.”  (HR Muslim, Abu Dawud dan at-Tirmidizi).

Hadis di atas setidaknya mengandung empat keutamaan.

Pertama: keutamaan menolong orang lain. Intinya, semua yang kita lakukan untuk orang lain bantuan, pertolongan, kemudahan hakikatnya akan kembali kepada diri kita.

Kedua: Keutamaan mencari ilmu. Intinya, mencari ilmu adalah salah satu jalan ke surga.

Ketiga: Keutamaan mengkaji al-Quran. Intinya, mengkaji al-Quran akan melahirkan ketenangan dan mendatangkan rahmat Allah SWT; pelakunya akan senantiasa dikelilingi para malaikat dan dimuliakan oleh Allah SWT di Akhirat.

Keempat: Keutamaan menyegarakan amal, tidak menunda-nundanya. Semoga kita bisa mengamalkan keempat poin keutamaan yang disebutkan dalam hadis di atas. Amin.



Leave a Reply

5 + seventeen =