Azab bagi Pendusta Al-Quran

Saat ini banyak orang makin berani mendustakan al-Quran. Mereka banyak yang mendustakan sebagian bahkan sebagian besar isi al-Quran. Mereka seolah lupa, bahwa setiap perbuatan mendustakan  al-Quran akan mendapatkan konsekuensi hukuman yang amat mengerikan di akhirat. Mereka akan diazab dengan azab yang keras dan kekal di neraka. Allah SWT berfirman (yang artinya): Orang-orang kafir dan mereka yang mendustakan ayat-ayat Kami adalah para penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya (TQS al-Baqarah [2]: 39).

Allah SWT pun berfirman (yang artinya): Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami mengganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan (kerasnya) azab (TQS an-Nisa’ [4]: 56).

Para pendusta  al-Quran, di akhirat nanti akan diadukan oleh Rasulullah saw. kepada Allah SWT, sebagaimana firman-Nya (yang artinya): Berkatalah Rasul, “Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan al-Quran ini sebagai sesuatu yang diabaikan.”  (TQS al-Furqan [25]: 30).

 Banyak sikap dan perilaku yang oleh para mufasir dikategori hajr al-Qur’ân (meninggalkan atau mengabaikan al-Quran). Di antaranya, adalah menolak untuk mengimani dan membenarkan al-Quran; tidak mentadaburi dan memahami al-Quran; tidak mengamalkan dan mematuhi perintah dan larangan al-Quran (Ibn Katsir, Tafsîr al-Qur’ân al-‘Azhîm, III/335).

 Itulah bentuk pendustaan al-Quran yang tentu pelakunya akan diazab oleh Allah SWT: Maka dari itu Kami memperingatkan kalian dengan neraka yang menyala-nyala; tidak masuk ke dalam neraka itu kecuali orang yang paling celaka, yang mendustakan (al-Quran) dan berpaling (TQS al-Lail [92]: 12-16).



Leave a Reply

fourteen − eleven =