Tiga Perkara yang Tak Boleh Ditunda

Rasulullah saw. bersabda kepada Ali bin abi Thalib RA ., “Wahai Ali, ada tiga perkara yang tidak boleh engkau tunda yaitu: shalat jika telah tiba waktunya; jenazah jika telah hadir; dan wanita jika telah ada calon suaminya yang sekufu.” (HR at-Tirmidzi dan Ahmad).

Pertama, tentang shalat, Rasulullah saw. mengajari umatnya agar shalat tepat waktu. Laki-laki harus berjamaah di masjid. Sayang, saat ini suara azan di masjid sering tak dihiraukan banyak orang. Hanya beberapa orang yang bergegas ke masjid. Banyak yang menunda-nunda shalat. Yang lebih parah, banyak pula yang menunda shalat hingga waktunya hampir habis. Yang lebih parah lagi, tak sedikit Muslim yang meninggalkan shalat.

Kedua, terkait jenazah, Rasul saw. mengajari kita agar
jenazah perlu segera diurus. Segera dimandikan, dikafani, dishalatkan dan dimakamkan. Sayang, saat ini kadang pengurusan jenazah ditunda-tunda dengan berbagai alasan: agar seluruh kerabatnya datang dulu melihat wajahnya; ada yang karena alasan ia pejabat atau orang terkenal sehingga ditunda berhari-hari pemakamannya.

Ketiga, terkait urusan menikahkan wanita, Rasulullah saw. menganjurkan para orangtua agar segera menikahkan putrinya jika telah ada pria sekufu yang melamar dirinya. Menurut banyak ulama, kufu itu dalam urusan agama. Bahkan ada hadis lain yang menjelaskan bahwa jika ada pria shalih yang datang melamar seorang wanita, hendaklah diterima atau akan ada fitnah dan kerusakan yang terjadi di muka bumi.
Sayang, dengan beragam alasan, saat ini banyak orang menunda-nunda pernikahannya, padahal masing-masing sudah punya calon. Ada yang beralasan: masih kuliah, belum punya kerjaan tetap, masih ingin bebas, dll.

Tentu tak selayaknya kita menunda ketiga perkara di atas.



Leave a Reply

two + 14 =