Orang-orang yang Merugi di Akhirat

Di antara orang-orang yang merugi pada Hari Akhirat nanti adalah: Pertama, kaum kafir, sebagaimana dinyatakan dalam firman Allah SWT (yang artinya): Aku telah memperingatkan kalian dengan suatu azab yang sangat dekat, yaitu pada hari saat seseorang menyaksikan apa yang telah dia perbuat, dan orang kafir saat itu berkata, “Celakalah aku. Andai saja dulu aku menjadi tanah.” (TQS an-Naba’ [78]: 40).

Kedua, kaum yang murtad dan para pelaku bid’ah. Mereka ini, di akhirat nanti, akan diusir dari telaganya Rasulullah saw. (HR Muslim).

Ketiga, orang yang biasa meninggalkan shalat, sebagaimana dinyatakan dalam firman Allah SWT (yang artinya): Apakah yang memasukkan kalian ke dalam Neraka Saqar?” Mereka menjawab, “Kami dulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat.” (QS al-Mudatsir [74]: 42-43).
Keempat, orang-orang yang riya’ dalam beramal (HR Muslim).

Kelima, orang yang menerima catatan amal dari arah belakang, sebagaimana dinyatakan dalam firman Allah SWT (yang artinya): Adapun orang-orang yang diberi kitab dari arah belakang akan berteriak, “Celakalah aku!” Dia akan dimasukkan ke dalam neraka yang menyala-nyala (TQS al-Insyiqaq [84]: 10-12).

Keenam, orang-orang yang berbuat zalim terhadap orang lain. Inilah orang yang terkategori muflish (bangkrut). Sebabnya, pahala dari amal-amal dia akan diambil dan diberikan kepada orang yang dia zalimi, sedangkan dosa-dosa orang yang dia zalimi akan dibebankan kepada dirinya (HR Muslim).

Ketujuh, orang yang melalaikan amal shalih (Lihat: TQS al-Mu’minun [23]: 99-100).



Leave a Reply

two − two =