Membaca al-Quran Amalan Sunnah yang Paling Agung

Ibnu Rajab ra. berkata, “Di antara amalan sunnah yang paling agung yang dapat mendekatkan seorang hamba kepada Allah adalah membaca al-Quran, mendengarkan al-Quran, men-tadabburi-nya dan memahami makna al-Quran.

Tentang keutamaan membaca al-Quran sudah sering disampaikan sabda Rasulullah saw., “Bacalah al-Quran karena sesungguhnya al-Quran itu akan datang pada Hari Kiamat nanti untuk memberikan syafaat kepada pembacanya.” (HR Muslim).

Rasul saw. pun bersabda, “Siapa saja yang membaca satu huruf dari kitab Allah akan mendapat satu kebaikan. Satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf. Akan tetapi, Alif adalah satu huruf, Lam satu huruf dan Mim juga satu huruf.” (HR at-Tirmidzi).

Bahkan beliau pun bersabda, “Orang yang mahir membaca al-Quran akan bersam-sama dengan para malaikat yang mulia dan senantiasa berbuat baik. Oang yang membaca al-Quran tetapi dengan terbata-bata dan sangat berat akan mendapatkan dua pahala.” (HR Muslim).

Dalam hal ini Allah SWT pun menegaskan (yang artinya): “Orang-orang yang biasa membaca al-Quran…mereka itulah orang-orang yang mengharapkan perniagaan yang tidak akan pernah merugi (TQS Fathir: 29).

Adapun tentang keutamaan men-tadabburi dan memahami al-Quran Allah SWT berfirman (yang artinya): (Inilah) kitab yang Kami turunkan kepadamu (Muhammad) agar mereka merenungkan ayat-ayatnya dan agar orang-orang berakal mengingatnya (TQS Shad: 29).



Leave a Reply

fourteen − 10 =