Beberapa Fungsi al-Quran

Al-Quran berfungsi antara lain: Pertama, mengealurkan manusia dari kegelapan menuju cahaya, sebagaimana firman Allah SWT (yang artinya):

Alif Lâm Râ. (Inilah) kitab yang Kami turunkan kepada kamu (Muhammad) agar kamu mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya dengan izin Tuhan mereka menuju jalan Tuhan Yang Mahaperkasa dan Maha Terpuji (TQS Ibrahim [14]: 1).

Keduua, sebagai pelajaran dan penerangan, sebagaimana firman-Nya (yang artinya): Al-Quran itu tidak lain adalah pelajaran dan kitab yang jelas (TQS Ya Sin [36]: 69).

Ketiga, sebagai pembimbing yang lurus, sebagaimana firman-Nya (yang artinya): Segenap pujian milik Allah Yang telah menurunkan al-Kitab (al-Quran) kepada hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok, sebagai bimbingan yang lurus (TQS al-Kahfi [18]: 1-2).

Keempat, sebagai peringatan, sebagaimana firman-Nya (yang artinya): Al-Quran itu tidak lain adalah peringatan bagi seluruh alam (TQS al-Qalam [68]: 52).

Kelima, sebagai pedoman hidup, petunjuk dan rahmat bagi manusia, sebagaimana firman-Nya yang artinya): Al-Quran ini adalah pedoman bagi manusia sekaligus petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini (TQS al-Jatsiyah [45]: 20).

Ketujuh, sebagai petunjuk dan kabar gembira sebagaimana firman-Nya (yang artinya): Kami menurunkan al-Kitab (al-Quran) kepada kamu untuk menjelaskan segala perkara, sebagai petunjuk, rahmat dan kabar gembira bagi kaum Muslim (TQS an-Nahl [16]: 89).

Kedelapan, sebagai obat penyakit jiwa sebagaimana firman-Nya (yang artinya): Wahai manusia, sungguh telah datang kepada kamu pelajaran (al-Quran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, petunjuk dan rahmat bagi kaum Mukmin (TQS Yunus [10]: 57).



Leave a Reply

3 + six =