Keutamaan Membaca al-Quran

Meski banyak Muslim yang tahu berbagai keutamaan membaca al-Quran, faktanya masih banyak yang tetap malas membaca al-Quran. Karena itu penting untuk terus-menerus mengulang-ulang membaca, mengkaji dan merenungkan hadis-hadis Rasulullah saw. tentang keutamaan membaca al-Quran. Rasul saw., antara lain, bersabda, “Siapa saja yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka dia akan mendapat satu kebaikan. Satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa ‘alif lam mim’ adalah satu huruf. Akan tetapi, alif adalah satu huruf, lam satu huruf dan mim juga satu huruf.” (HR at-Tirmidzi).

Beliau juga bersabda, “Orang yang mahir membaca al-Quran akan bersama-sama dengan para malaikat yang mulia dan senantiasa berbuat baik. Adapun orang-orang yang membaca al-Quran, tetapi terbata-bata dan sangat berat bagi dia, dia akan mendapatkan dua pahala.” (HR Muslim).

Beliau pun bersabda, “Perumpamaan orang Mukmin yang membaca al-Quran adalah seperti buah Utrujah; rasanya enak baunya harum. Perumpamaan orang Mukmin yang tidak membaca al-Quran adalah seperti buah kurma; rasanya enak tetapi tidak wangi. Perumpamaan orang munafik yang membaca al-Quran adalah seperti buah Raihanah; rasanya pahit meski baunya harum. Perumpamaan orang munafik yang tidak membaca al-Quran adalah seperti buah Handzalah; rasanya pahit dan tidak wangi.” (HR al-Bukhari Muslim).

Beliau juga bersabda, “Bacalah al-Quran karena al-Quran itu akan datang pada Hari Kiamat kelak memberi syafaat (pembelaan) bagi pembacanya.” (HR Muslim).



Leave a Reply

4 × two =