Menjaga dan Memuliakan Shalat

Shalat adalah salah satu ibadah yang paling utama. Di antara bukti bahwa shalat adalah amal ibadah yang paling utama adalah karena shalat adalah amal hamba yang paling pertama akan dihisab oleh Allah SWT pada Hari Kiamat nanti. Rasul saw. bersabda, “Amal pertama yang akan dihisab dari seorang hamba pada Hari Kiamat nanti adalah shalat.” (HR al-Baihaqi).
Karena itu wajar jika para ulama dulu sangat menjaga dan memuliakan shalat. Salah satunya ditunjukkan oleh seorang ulama besar, Sufyan bin Uyainah. Sufyan bin Uyainah tidak pernah ketinggalan shalat berjamaah di masjid. Ia bahkan biasa hadir di masjid sebelum azan dikumandangkan. Tentang ini, Abu Musa al-Anshari pernah mendengar Sufyan bin Uyainah berkata, “Janganlah kamu seperti orang yang berkelakuan buruk, yaitu orang yang tidak mau datang ke masjid untuk menunaikan shalat kecuali setelah iqamat dikumandangkan. Akan tetapi, datanglah ke masjid untuk menunaikan shalat sebelum azan dikumandangkan.”
Dalam pandangan Sufyan bin Uyainah, kehadiran di masjid sebelum azan dikumandangkan untuk shalat berjamaah adalah sebagai bentuk penghormatan terhadap ibadah shalat. Tentang ini Abu Musa al-Anshari pernah mendengar Sufyan bin Uyainah berkata, “Di antara tanda-tanda orang yang menghormati shalat adalah mendatangi masjid untuk menunaikan shalat berjamaah sebelum azan diperdengarkan.” (Abu Nu’aim al-Asbahani, Hilyah al-Awliyâ’, 7/284-285).
Semoga kita termasuk orang-orang yang menjaga dan memuliakan shalat-shalat kita.



Leave a Reply

eight − 6 =